Ini adalah tugas Kimia Analisis dan juga tulisan pertamaku d Blog baruku ini,semoga buat temen – temen yg membaca bisa bermanfaaat. Di sini di jelaskan definisi dari angka penting, aturan angka penting serta contoh dari angka penting itu sendiri.

Berikut adalah penjelasan tentang angka penting :

            Angka penting adalah semua angka yang diperoleh dari hasil pengukuran. Angka penting terdiri dari atas angka pasti dan angka taksiran (angka yang diragukan) sesuai dengan alat ukur yang digunakan.

        Misalnya panjang benda yang diukur ditunjukan seperti gambar 13. Pada gambar tersebut, tampak bahwa ujung benda terletak diantara angka 11,44 cm dan 11,45 cm. Sehingga, kita akanmenyatakan bahwa panjang benda yang mendekati kebenaran adalah 15,45 cm. angka terakhir, yakni angka 6 adalah angka perkiraan (taksiran), karena angka ini tidak terbaca pada skala mistar.

 

Semua angka yang diperoleh dari hasil pengukuran disebut Angka Penting, terdiri atas angka-angka pasti dan angka angka terakhir yang ditaksir (angka taksiran). Berikut adalah aturan penulisan/penyajian angka penting dalam pengukuran:
               Aturan-aturan angka penting adalah sebagai berikut:
a. Semua angka bukan nol adalah angka penting.
b. Semua angka nol yang terletak di antara dua angka bukan nol adalah angka penting.
c. Pada bilangan desimal yang lebih kecil dari satu angka nol yang terletak di sebelah kiri  angka bukan nol, baik yang di sebelah kiri maupun sebelah kanan tanda koma desimal adalah bukan angka penting.
d. Angka nol pada deretan akhir sebuah bilangan termasuk angka penting kecuali kalau angka sebelum nol diberi garis bawah dan angka selanjutnya bukan angka penting.